Selasa, 18 Maret 2014

PERSAINGAN AGEN PROPERTI WARALABA DAN LOKAL

Ditengah menjamurnya agen properti waralaba, agen properti lokal tetap bisa eksis. Sebenarnya, bila dikelola dengan baik, agen properti lokalpun bisa bersaing dengan agen properti waralaba. Apalagi ada beberapa agen properti lokal yang sudah memiliki ruko sendiri sebagai kantor operasionalnya. Sayangnya, banyak juga agen properti lokal yang didirikan dan dikelola seadanya. Kantor operasional yang tidak memadai dan manajemen perusahaan yang tak jelas. Akibatnya, para pemilik properti lebih mempercayai agen properti waralaba untuk memasarkan propertinya.

Sehebat itukah agen properti waralaba di mata mereka?. Faktanya, banyak pemilik agen properti waralaba yang rukonya masih ngontrak. Banyak juga diantara mereka yang kurang memahami seluk beluk dunia properti. Mereka hanya mengandalkan kekuatan merek yang mereka beli berikut pengelolaan manajemen perusahaannya. Sebaliknya, pemilik agen properti lokal harus jatuh bangun membangun merek sendiri. Pemilik agen properti lokal dituntut memiliki wawasan yang luas tentang seluk beluk dunia properti karena selain menjadi pemilik ( principal ), mereka juga terkadang merangkap sebagai marketing agen properti.

Kesimpulannya : Apapun agen properti itu, waralaba maupun lokal, pada akhirnya akan ditinggalkan konsumennya ( penjual dan pembeli ) bila tidak memiliki layanan purna jual yang baik.
t>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar